Obat radang tenggorokan yang alami maupun secara medis dapat mengatasi infeksi bakteri Streptococcus grup A di tenggorokan yang mengakibatkan peradangan dan rasa sakit. Radang tenggorokan bisa diderita oleh seluruh umur, tetapi lebih sering dirasakan anak-anak antara umur 5 dan 15 tahun dan lebih tidak jarang terjadi pada lelaki daripada wanita.

Obat Alami dan Kimiawi Untuk Radang Tenggorokan yang Ampuh


Infeksi pada tenggorokan bisa menular ke orang lain melewati percikan bersin dan batuk. Nah, sebelum menular ke orang lain, segera cari obat sakit tenggorokan yang memakai bahan alami maupun dengan obat-obatan di bawah ini.

Cara Mengobati Radang Tenggorokan secara Medis


Ada tidak sedikit pilihan bahan alami dan obat-obatan yang bisa meredakan radang tenggorokan dengan cepat dan ampuh. Berikut ini sekian banyak  obat radang tenggorokan yang alami maupun obat apotek:


  • Antibiotik


Antibiotik bisa mengobati infeksi yang diakibatkan oleh bakteri, laksana radang tenggorokan. Sekadar informasi, obat ini tidak bisa mengobati infeksi virus.

Penderita radang tenggorokan butuh mengobatinya dengan antibiotik untuk menangkal komplikasi yang lebih serius laksana radang paru-paru, bronkitis, dan demam rematik. Antibiotik dapat menolong mengurangi nyeri tenggorokan selama satu hari, dan menurunkan risiko demam rematik.

Dokter seringkali meresepkan antibiotik yang dilangsungkan sekitar 10 hari. Penting guna meminum seluruh obat yang diresepkan, bahkan andai Anda mulai merasa lebih baik. JIka berhenti minum obat antibiotik terlampau dini, bisa jadi dapat membuat sejumlah bakteri hidup dan akhirnya merasakan kekambuhan. Beberapa obat antibiotik tergolong penisilin, sefalosporin, dan makrolida


  • Ibuprofen


Hasil dari uji klinis mengindikasikan bahwa obat anti-inflamasi nonsteroid (OAINS) yang tergolong ibuprofen ini lebih efektif daripada acetaminophen dalam menghilangkan sakit tenggorokan. Biasanya takaran akan ditentukan oleh dokter, tergantung keparahannya.

Obat radang tenggorokan di apotek ini menolong mengurangi peradangan dan menghilangkan rasa sakit yang mempunyai sifat sementara meskipun tidak sesuai untuk seluruh orang. Berdasarkan penelitian, ibuprofen ditemukan untuk meminimalisir sakit tenggorokan akut sejumlah 32% sampai 80% dalam masa-masa 2 sampai 4 jam.


  • Aspirin


Aspirin dalam takaran 325 miligram bisa menghilangkan sakit tenggorokan dalam 1 sampai 6 jam sesudah meminumnya. Penelitian mengindikasikan bahwa aspirin tidak melulu membantu menanggulangi sakit tenggorokan, tetapi pun secara signifikan dapat mengurangi sakit kepala dan nyeri otot.

Perlu diperhatikan, terlalu tidak sedikit mengonsumsi obat radang tenggorokan di apotek ini bisa membahayakan lambung dan kerongkongan. Itulah sebabnya mesti menggunakannya dengan hati-hati.


  • Acetaminophen


Acetaminophen ialah alternatif sebagai obat sakit tenggorokan yang bagus, meskipun melulu mempunyai sifat penghilang rasa sakit.

Penggunaan acetaminophen mesti menjadi opsi kesatu andai Anda mempunyai riwayat penyakit gastroesophageal reflux disease (GERD), sakit perut, atau penyakit ginjal. Berdasarkan keterangan dari penelitian, 1000 miligram acetaminophen dapat mengurangi nyeri tenggorokan akut selama 50% sesudah 3 jam. Perlu diingat, usahakan tidak memakai di atas 4000 miligram sehari, sebab terlalu tidak sedikit minum obat ini bisa menjadi racun untuk hati.


  • Lozenges


Obat radang tenggorokan di apotek memiliki tidak sedikit pilihan, salah satunya lozenges yang berisi sekian banyak  jenis bahan (seperti anti-inflamasi, anestesi, antiseptik) yang bekerja langsung di mana tenggorokan sakit, dan pun membantu memicu aliran air liur untuk mengawal tenggorokan tetap lembap.

Anestesi tersebut menciptakan tenggorokan mati rasa dan antiseptik menolong mengurangi jumlah bakteri namun tidak mungkin menangkal infeksi.

Cara Mengobati Radang Tenggorokan yang Alami


Selain memakai obat-obatan yang telah diterangkan di atas, kita juga dapat mencoba sekian banyak  pengobatan yang alami inilah ini:


  • Minum Air Rebusan Jahe dan Kayu Manis


Obat sakit tenggorokan alami kesatu ialah jahe dan kayu manis yang biasa anda temukan di dapur. Lalu bagaimana teknik meracik ramuan ini?

Pertama rebuslah segenggam jahe dan kayu manis dalam sejumlah gelas air sampai mendidih, lantas dinginkan dan siap guna diminum. Bila hendak menambahkan rasa, Anda dapat tambahkanlah tidak banyak gula merah atau madu. Air rebusan jahe dan kayu manis ini berkhasiat menolong menyembuhkan radang tenggorokan dengan cepat.

Hasilnya bakal maksimal andai minum segelas air rebusan jahe dan kayu manis ini dua kali sehari. Ingat! tidak boleh minum terlalu tidak sedikit karena akan mengakibatkan efek samping perut panas atau mulas.


  • Berkumur Air Garam Hangat


Cara mengobati radang tenggorokan ini dapat membantu meredakan dan memicu air liur. Air garam pun berkhasiat menolong membunuh bakteri di tenggorokan.

Buatlah gabungan satu sendok teh garam dengan 200 mililiter air hangat. Berkumurlah dengan gabungan ini untuk menolong mengurangi pembengkakan dan mengawal tenggorokan tetap bersih. Lakukan teknik ini selama 2 hingga 3 kali sehari sekitar masa pengobatan.


  • Minum Madu yang Dicampur Air Hangat


Sebuah riset yang dikutip Healthline, mengejar bahwa madu lebih efektif dalam meredakan batuk. Sementara riset lain mengindikasikan bahwa obat radang tenggorokan alami ini ialah penyembuh luka yang efektif, ini berarti dapat menolong mempercepat pengobatan sakit tenggorokan.

Cara melulu membuat gabungan satu sendok santap madu dengan segelas air hangat (bisa ditambahkan lemon). Ramuan dari gabungan madu dan air hangat ini bisa melapisi tenggorokan dan mendinginkan iritasi dampak bakteri.


  • Berkumur Cuka Sari Apel yang Dicampur Air


Cuka sari apel dapat dipakai untuk mengobati radang tenggorokan sebab mampu melawan bakteri. Ini telah diperlihatkan oleh sejumlah riset bahwa cuka apel sebagai antimikroba dalam menanggulangi infeksi.

Sifatnya yang asam, cuka apel dapat dipakai untuk menolong merangsang air liur di tenggorokan dan menghentikan penyebaran bakteri.

Cobala membuat gabungan satu atau dua sendok santap cuka apel ke dalam satu cawan air dan berkumurlah. Bila hendak meminumnya, campurkan tidak banyak madu. Anda bisa berkumur sejumlah tiga kali dalam sehari. Pastikan guna minum tidak sedikit air sesudah berkumur.


  • Mengonsumsi Bawang Putih


Sudah menjadi rahasia umum bahwa bawang putih ialah antibiotik alami yang dapat melawan bakteri dan virus penyebab radang tenggorokan. Ini berkat kandungan allicin, senyawa organosulfur yang dikenal sebab kemampuannya melawan infeksi.

Penelitian telah memperlihatkan bahwa mengonsumsi suplemen bawang putih secara teratur dapat menolong mencegah virus flu biasa. Mencampurkan bawang putih segar ke dalam makanan pun menjadi teknik yang gampang sebagai antimikroba.

Orang tua atau nenek Anda barangkali pernah menganjurkan Anda teknik mengobati radang tenggorokan dengan mengulum satu siung bawang putih guna meredakan radang tenggorokan. Mudah bukan?

Meski menimbulkan wewangian yang tidak cukup sedap di mulut, bawang putih memiliki tidak sedikit khasiatnya untuk penyembuhan alami. Tenang, Anda dapat segera menyegarkan mulut dengan menyikat gigi.


  • Minum Air Jeruk Nipis


Air jeruk nipis ialah minuman menyegarkan dan pun sebagai obat radang tenggorokan alami. Jeruk nipis dapat meminimalisir rasa sakit tenggorokan yang terjadi ketika pilek atau flu.

Jeruk nipis berisi vitamin C dan antioksidan, senyawa yang dapat mendinginkan sakit tenggorokan dan menolong penyembuhan. Jeruk nipis pun dapat memicu jumlah air liur yang dapat membantu mengawal selaput lendir tetap lembap. Mencampurkan air jeruk nipis dengan segelas air hangat dan tidak banyak madu atau air garam ialah cara menanggulangi radang tenggorokan terbaik.


  • Minum Air Lemon


Di samping air jeruk nipis, air perasan lemon pun dapat meminimalisir radang tenggorokan yang terjadi ketika pilek atau flu. Ini berkat kandungan vitamin C dan antioksidan dalam lemon. Buah yang mempunyai rasa asam ini pun meningkatkan jumlah air liur di mulut yang dapat menolong menjaga selaput lendir tetap lembap.

Cara terbaik guna memaksimalkan manfaatnya dengan mencampurkan air perasan lemon, air hangat, dan menambahkan tidak banyak madu atau air garam.


  • Berkumur Minyak Kelapa


Minyak kelapa ialah bahan makanan serbaguna yang memiliki sejumlah manfaat guna kesehatan. Sebuah riset yang diuji pada fauna menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat menolong melawan infeksi, meminimalisir peradangan dan meminimalisir rasa sakit. Minyak kelapa pun sangat menenangkan sebab membantu melapisi selaput lendir di tenggorokan.

Anda dapat berkumur dengan minyak kelapa selama dua sendok santap per hari ialah cara mengobati radang tenggorokan terbaik. Namun tidak boleh berlebihan ya, sebab dapat memunculkan efek pencahar. Jika kita belum pernah mengupayakan minyak kelapa, mulailah minum satu sendok teh sekaligus untuk meminimalisir potensi efek samping.


  • Minum Cairan yang Banyak


Minum lumayan air dapat menolong meredakan radang tenggorokan, sebab air bisa melumasi, melembapkan, dan menghidrasi sehingga mempermudah Anda guna menelan makanan.

Pilihlah cairan yang berbobot | berbobot | berkualitas tinggi laksana sup kaldu hangat (untuk menggantikan garam dan kehilangan cairan) dan larutan yang berisi gula untuk menolong tubuh menyerap cairan lebih cepat. Minuman dingin dan es krim juga dapat menenangkan radang tengggorokan.

Meskipun cairan, hindari asupan kafein laksana kopi dan teh, sebab dapat mengakibatkan dehidrasi atau kehilangan cairan.


  • Konsumsi Makanan yang Mudah Ditelan


Di samping obat sakit tenggorokan alami di atas, tips ini pun adalahsalah satu teknik mengatasi radang tenggorokan, lho!

Radang tenggorokan menciptakan Anda susah menelan makanan, untuk tersebut makanlah makanan yang gampang ditelan laksana sup, kaldu, sereal yang dimasak, kentang tumbuk, jus buah-buahan, yoghurt, dan telur dadar atau omelet. kita juga dapat melembutkan atau menghaluskan makanan yang keras dengan blender guna membuatnya lebih gampang ditelan.

Itulah obat radang tenggorokan alami maupun secara medis. Sebelum mencoba teknik mengobati radang tenggorokan, yang terbaik ialah terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter ya, Teman Sehat!